Codec RAW untuk Windows

Codec ini dapat digunakan untuk melihat file RAW di windows explorer, tanpa bantuan software khusus. Jadi dengan ‘manginstall’ codec ini di komputer, komputer kita dapat mengenali file RAW kita dan bisa membuka dan membuat thumbnail layaknya dengan file JPEG.
Saya sendiri baru mencoba yang untuk yang Canon. Dengan CODEC ini, file CR2 Canon dapat saya buka di windows explorer layaknya JPEG, namun memang untuk membuat thumbnail dan membuka file RAW pada Windows Vista, komputer saya membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan menangani file JPEG.
Codec untuk membuka file RAW Canon (*.CR2) dapat di download di link berikut ini
ukuran file sekitar 67MB
Codec untuk membuka file RAW Nikon (*.NEF) dapat di download di link berikut ini
ukuran file sekitar 28 MB
Codec untuk membuka file RAW Olympus (*.ORF) dapat di download di link berikut ini
ukuran file sekitar 5,1 MB untuk Windows Vista 32Bit
dan sekitar 10MB untuk Windows Vista 64 Bit
Saya sendiri tidak menggunakan Codec ini, namun saya menginstall Image Viewer Picasa 3 yang dapat membuka file CR2 dan NEF (ORF juga mungkin? Saya belum mencobanya)
Software Picasa 3 ini dapat didownload gratis di http://picasa.google.com/
Sepanjang pengalaman saya, Picasa 3 ini adlah software image viewer (dan manager) yang paling nyaman digunakan.
Demikian.
Semoga berguna.
Kop_12
  • page1.Apa sih format Raw/Tiff/Jpeg itu? |
  • page2.Saya akan menggunakan Raw/Tiff/Jpeg jika… |
  • page3. Codec untuk membuka file RAW di Windows Explorer |
  • page4. Mengapa saya pribadi memilih memakai RAW? |

.

.

File RAW seperti *.cr2, *.nef, *.orf, dan lain sebagainya adalah file data cahaya mentah hasil tangkapan sensor digital. Dalam workflownya untuk membuka file RAW digunakan program khusus seperti DPP- Digital Photo Profesional (bawaan kamera Canon), Capture NX (bawaan kamera Nikon tertentu), Silkypix (Panasonic), Adobe Camera RAW (plugin untuk Photoshop), Adobe Lightroom, atauprogram-program fotografi lainnya. Program-program ini pada umumnya dapat digunakan untuk mengorganisasi, memproses/mengkoreksi, serta mengkonversi file RAW menjadi format yang lebih umum seperti DNG, TIFF, atau JPEG sesuai kebutuhan.

Sistem operasi Windows XP (dan beberapa lainnya juga) yang ada saat ini pada umumnya tidak dapat mengenali format-format RAW secara default. Untuk ‘memperkenalkan’ format file RAW ini kepada sistem operasi pada komputer dibutuhkan software khusus seperti yang telah saya sebutkan di atas ATAU dengan menggunakan Codec.

CODEC ini dapat digunakan untuk melihat file RAW di windows explorer, tanpa bantuan software khusus. Jadi dengan ‘manginstall’ CODEC ini di komputer, komputer kita dapat mengenali file RAW kita dan bisa membuka dan membuat thumbnail layaknya dengan file JPEG.

Saya sendiri baru mencoba yang untuk yang Canon. Dengan CODEC ini, file CR2 Canon dapat saya buka di windows explorer layaknya JPEG, namun memang untuk membuat thumbnail dan membuka file RAW, komputer saya membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan menangani file JPEG.

Codec untuk membuka file RAW Canon (*.CR2) dapat di download di link berikut ini

http://software.canon-europe.com/software/0039964.asp

ukuran file sekitar 28MB

Codec untuk membuka file RAW Nikon (*.NEF) dapat di download di link berikut ini

http://www.free-codecs.com/download/Nikon_RAW_Codec.htm

ukuran file sekitar 28 MB

Codec untuk membuka file RAW Olympus (*.ORF) dapat di download di link berikut ini

http://www.olympus.co.jp/en/support/imsg/digicamera/download/software/codec/raw_codec_dl.cfm

ukuran file sekitar 5,1 MB untuk Windows 32Bit, 10 MB untuk 64 bit

 

Saya sendiri tidak menggunakan Codec ini, namun saya menginstall Image Viewer Picasa 3 yang dapat membuka file CR2 dan NEF (ORF juga mungkin? Saya belum mencobanya)

Software Picasa 3 ini dapat didownload gratis di http://picasa.google.com/

Sepanjang pengalaman saya, Picasa 3 ini adlah software image viewer (dan manager) yang paling nyaman digunakan.

Demikian.

Semoga berguna.

15 Responses to “Codec RAW untuk Windows”

  1. terima kasih atas ilmu nya ya mas.., semoga sampeyan mendapat pahala..hehe

  2. Alhamdulillah, akhirnya bisa juga membuka file NEF saya, gak kepikiran kalo PICASA 3 juga bisa buat buka fle dan edit walau sedikit, makasih ya massss……… :) :)

    • bligungtre Says:

      Sama2, senang bisa membantu. Untuk viewing sepengetahuan saya memang Picasa yang paling nyaman, sementara untuk editing saya biasa gunakan Adobe Photoshop Lightroom, bisa membuka dan mengedit file NEF.
      Salam…

  3. Anonymous Says:

    mas ko saya ga bisa buka file ber ekstensi CR2 yah?
    walopun sudah download dan install Codec buat baca CR2nya?
    mohon petunjuknya mas bli..

    • bligungtre Says:

      Apakah Mas menggunakan kamera Canon seri baru? setahu saya format CR2 Canon pada kamera-kamera terbarunya memang berbeda sehingga tidak bisa dibaca pada software atau codec lama. Coba mas gunakan saja Picasa terbaru atau kalau mau manage/edit menggunakan software-software versi terbaru seperti Adobe Photoshop Lightroom 3.
      Semoga membantu ya Mas…

  4. Anonymous Says:

    halo mas, CR2 belum berhasil di-open pake lightroom 2, tp sdh berhasil diopen windows explore berkat si codec :). Saya pake Canon 550D, apa musti install lightroom 3? trims

    • bligungtre Says:

      Lightroom 2.x memang belum bisa buka CR2 Canon 550D Mas, musti dibuka pakai Lightroom 3 kalau mau melakukan editing. Tapi kalau cuma buat viewing saja sih tidak masalah hanya menggunakan CODEC tsb :)

  5. terimakasih infonya mantabs.,.,.jangan lupa mampir kesini ya : http://motogp.unsri.ac.id/

  6. dion nandaran Says:

    mau nanya nih bang,saya pake kamera panasonic DMC F-3 , lain waktu saya foto pake kamera canon power shoot A2300,waktu memorynya saya masukkan ke kamera panasonic file nya kok nggak ke baca,alias nggak bisa dilihat.mohon solusinya bang trims bngt,sebelmnya.

  7. Ada yang punya link download adobe lightroom gratis ga yahh..??

  8. setiap saya mampir di blog-blog.. yang ada link ziddu.. capedeh..
    saya share sedikit tuk canon CR2 link: http://www.cr2converter.com/cr2converter_setup.exe
    ukuran kecil, hasil convert nya sangat memuaskan.. daripada yang di ziddu itu :D

    • bligungtre Says:

      Maaf sekali Mas. Saat saya upload dulu, ziddu belum semembingungkan sekarang. Hehe… sudah saya update linknya. Langsung ke web resmi tiap produsen kamera.
      Semoga tidak bikin capedeh lagi. Terima kasih atas masukannya :)

  9. Thanks.. banget sharenya… dah bisa lihat image nya nef di window explorer.. God Bless U

  10. lintang biru Says:

    boleh minta link buat NEF? saya bingung :(

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

