SUNRISE @ TANGKUBAN PERAHU

Awalnya, setelah melihat-lihat foto di internet, saya sempat ragu dengan keindahan Kawah Ratu Tangkuban Perahu. Namun setelah melihat sendiri, ini adalah salah satu tempat terindah yang pernah saya kunjungi.


A God's Painting

Agak kesiangan bangun, Sabtu itu saya dan kekasih tercinta berangkat jam 5 pagi dari Bandung dengan mengendarai sepeda motor. Dasar memang perjalanan ini adalah perjalanan dadakan, kurang dipersiapkan dengan baik sehingga beberapa barang tertinggal, termasuk sarung tangan. Dan benar saja, subuh hari itu dingin sekali!

Rute kami dari Setiabudhi Bandung : terus naik ke arah Lembang – begitu tiba Lembang ikuti ke arah pasar Lembang – tiba di pasar Lembang belok kiri dan teruskan hingga tiba di kawasan cagar alam (kiri kanan penuh dengan pohon tinggi) – skip gerbang pertama Tangkuban Perahu (gerbang ini untuk tracking) – masuk ke gerbang yang kedua (untuk kendaraan) dengan pos ticketing – kita harus menyusuri jalan mendaki lagi + 8 km untuk tiba di Kawah Ratu.

Karena bangun kesiangan, di tengah perjalanan kami sudah dapat melihat sang mentari mengintip dari balik horizon… Hyaaaa… kendaraan pun saya percepat supaya tidak ketinggalan-ketinggalan amat menyaksikan sang surya bangkit dari peraduannya.

Udara pagi di kaki gunung Tangkuban Perahu benar-benar dingin. Naik motor dengan tangan tak terlindung sarung tangan benar-benar membekukan. Mesin motor pun terasa lebih loyo karena pembakaran mesin terhalang udara dingin!

Tiket masuk pertama kali saya ke sana (April/Mei 2009) Rp 12.000/orang, namun pagi itu karena kami tiba sangat awal, pos tiket belum buka. Jadi masuk gratis deh. Di sepanjang perjalanan mendaki kami dapat melihat keindahan awan yang tersirami cahaya keemasan dari sang mentari mengintip dari balik horizon. Ups, tapi hati-hati, jalan aspal sepanjang jalur pendaki ini sudah banyak berlubang… jadi keep eye on the street walau langit begitu indahnya di atas sana…

Waiting for the King

Sesampainya di Kawah Ratu, kami pun begitu takjub! Di sebelah Timur terlihat bebas sinar mentari menyinari bentang alam dengan luar biasa! Langit kemerahan dengan hamparan gunung dan daratan yang berkabut. Formasi bukit di kejauhan yang membentuk layering… Ritme… Begitu fotogenik! Saya tergolong baru dalam menangkap momen sunrise, begitu takjub dengan detik-detik ‘bangkitnya sang surya’! Spot yang luar biasa untuk menangkap sunrise!

Spot terbaik ada di puncak sebuah bukit kecil di tepi kawah. Dari spot ini kita dapat melihat panorama hampir 180 derajad dari bentang alam di sekitar tanpa terhalang pohon. Tentu saja dengan POI matahari terbit yang disambut skyline pegunungan yang luar biasa!

Walau momen sunrise begitu menakjubkan, tak lupa kami membalikkan badan dan menikmati keindahan kawah ratu yang saat itu tersinari dengan cahaya kuning yang amat menarik. Tekstur batuan dinding kawah serta permainan cahaya-bayangan yg terjadi sangat menarik untuk diabadikan.

There Comes The LightsJam 7 kurang mulai banyak pengunjung lain yang datang. Para pedagang souvenir pun mulai berdatangan. Memang lebih enak datang ke Kawah Ratu ini pagi-pagi sekali, selain karena masih sepi, cahayanya masih indah, juga terbebas dari para pedagang yang saya perhatikan seringkali menawarkan dagangannya dengan agak ‘memaksa’ kepada para pengunjung.

Hal ini tentu saja kelihatannya sangat mengganggu pengunjung dalam menikmati keindahan obyek wisata ini. Memang terlihat agak sepele, namun bisa saja hal tersebut merusak mood dari para wisatawan. Saya pernah mendengar review buruk dari beberapa saudara dan teman mengenai Tangkuban Perahu karena hal tersebut. Kepada pengelola obyek wisata Tangkuban Perahu, mohon diperhatikan.

Bagaimana pun, It’s a great place with a great view! Lain kali ada kesempatan, kami pasti akan berkunjung ke kawah Tangkuban Perahu yang lainnya, serta kebun teh di kaki gunungnya!

All Images & Text © Bligungtre 2009

Semua gambar diambil dengan Canon EOS 450D + EF-S 18-55mm IS

GALERI FOTO – IMAGE GALLERY

2 Responses to “SUNRISE @ TANGKUBAN PERAHU”

  1. Wah menarik sekali bli. indah sekali foto2nya juga, terutama yg ‘Waiting for the King’. ! =D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: