DASAAD MUSIN CONCERN

Dasaad

Tidak banyak latar belakang bangunan ini yang saya ketahui . Menurut bapak yang memandu kami, Dasaad Musin Concert dibangun pada tahun 1857. Bangunan ini dulunya berfungsi sebagai kantor milik Pak Dasaad seorang keturunan Arab. Sumber lain (blog tetangga) mengatakan pemiliknya bernama Agus Dasaad seorang pengusaha asal Sumatera Selatan. Saya sendiri kurang tahu, mana yang benar, tapi dari sumber-sumber yang saya baca dan saya dengar semuanya mengatakan bahwa pemilik gedung ini merupakan orang terkaya di Indonesia pada jaman itu.

Meskipun kondisi gedung ini sudah “lapuk” namun pancaran kemegahannya nampak belum sirna. Gedung ini juga merupakan salah satu objek favorit bagi para fotografer. Bukan hanya di bagian luarnya, kita juga bisa menjelajahi bagian dalam dari bangunan ini, cukup dengan memberi “uang rokok” Rp10.000,- pada petugas jaganya.

©Cithata 2009

kembali ke artikel “All Around: Jakarta Kota Tua”

19 Responses to “DASAAD MUSIN CONCERN”

  1. dasaad musin concern adalah sebuah perusaan besar d jaman nya, musin adalah nama dari bapak dari pemilik perusahaan…. apabila ada yang berkata bahwa pengusaha ini asal sumatera selatan mungkin ada benarnya, karena pada saat itu lampung merupakan bagian dari Palembang… pemilik perusahaan ini berasal dari menggala, sebuah kota tua d lampung… sama seperti bakrie brother, hanya saja bakrei lebih terkenal berasal dari lampung selatan karena ibuya berasal dari sana akan tetapi ayah dari bakrie sendiri asli orang menggala

  2. Rully Dasaad Says:

    Sekedar melengkapi, Agus Musin Dasaad adalah orang Menggala,Lampung dari pihak Ayahnya,Ibunda nya orang Moro – Filipina Selatan yg juga puteri dari Sultan Sulu – Kepulauan Moro…Dasaad Senior dan Bakrie Senior mereka sebenarnya masih related family…Agus Musin Dasaad adalah seorang self made business man yang hanya tamatan SD…beliau banyak membantu membiayai perjuangan Alm.Presiden Soekarno dari sejak Soekarno masih sbg politikus sebelum kemerdekaan sampai menjadi presiden.
    Dasaad juga pernah memegang lisensi agen mobil Mazda,Fiat,Pemilik Paberik Textile terbesar di zaman nya,Komisaris Utama dan Direktur Utama PT.Pembangunan Jaya dan merekrut Ir.Ciputra muda yg baru lulus ITB di awal pembangunan jakarta di proyek senen dan Ancol,Direktur Utama dan Preskom nya Sarinah Dept.Store Thamrin dan juga agen Lokheed Aircraft Corporation yang menjual pesawat angkut Hercules pada TNI AU saat itu…

    Beliau juga sebagai penengah (karena teman dekat nya Soekarno) yg di minta tolong oleh Jendral Soeharto pd saat ,melalui Pak Alamsyah Ratu Prawiranegara itu untuk membujuk presiden Soekarno agar mentanda tangani Supersemar sebagai mandat awal jenderal Soeharto di tunjuk memulihkan keamanan Indonesia setelah G30S PKI….

    • bligungtre Says:

      Wah, terima kasih sekali tambahan informasinya Bung Rully. Saya sempat penasaran dan search di internet namun infonya kurang lengkap. Terima kasih sudah dilengkapi. Dasaad Musin Concern memang tentu sebuah bangunan yang indah…

  3. Edith Basrie Says:

    my father used to work for Dasaad. I am looking for my fathers family. His sisters were Emma and Toeti. name i remember is Sastrodihardjo

    • Rully Dasaad Says:

      Hello Mrs.Edith, iam the grandson of Agus Musin Dasaad…i was once looking for your mom in 1989 in Amsterdam(Suriname Plein) but she moved to Florida they said..your dad Basrie is my grandmother Masmien Dasaad’s brother and Mr.Basrie, he was also taking and looked after my dad (Agus Dasaad jr) while he studied in Nijmegen in 1947 until 1954, before my dad moved and studied in Los Angeles..i beleive your mother’s name Elizabeth or they call it Babs or Beps? please let me know..if this true, it means that you re my late dad’s first cousin…another thing, one of the famous lawyer in Indonesia Hotma Sitompoel SH is also your first cousin…because my grandma,your dad and Hotma Sitompoel mom are real sisters the Sastrodihardjo..they originally came from East Java , a city call Blitar…Grandma Emma and Toeti are already long time pass away…please let me know if my information is correct…according my late dad story, Mr Basrie was a graduate Law Student and ever worked also in a Bank in Amsterdam…thank you Mrs Edith..als het allemaal waar, betekend dat U heeft nog veel groot families hier..ook neef en nicthen..het meest van hun zijn 60 yrs of meer….God rijke zegen, Rully Dasaad ( Facebook, @yahoo.com)

  4. Rully Dasaad Says:

    Terima kasih Pak, melalui Blog anda, jadi ada tante yang selama ini hilang jadi ketemu sedang mencari saudara2 nya di Indonesia…tiada yang kebetulan selain rencana yang Tuhan telah tentukan melalui Blog anda…God Bless Always ya Pak…salam hormat Rully Dasaad.

    • Rene JOhannes Says:

      Selamat pagi Pak Rully,
      Pada saat ini saya sedang meneliti sejarah bisnis keluarga di Indonesia dalam periode 1900 – 2010. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan suatu keluarga pengusaha yang berhasil untuk meneruskan usaha mereka pada generasi berikutnya. Kalau pun gagal, hal itu akan menjadi objek penelitian kami pula.
      Mohon kesediaan Bapak untuk berbagi informasi mengenai hal terkait yang terjadi di Dasaad Musin Concern.
      Terima kasih dan salam hormat saya, Rene Johannes.

  5. bligungtre Says:

    Wah, senang sekali mengetahui bahwa wadah corat coret saya ini bisa berguna lebih-lebih bisa mempertemukan kerabat yang sedang terpisah. Terima kasih kembali Pak. Senang dapat membantu. salam hangat selalu.
    Putra Munchana.

  6. Yuri Sato Says:

    Pak Rully Dasaad, Saya peneliti orang Jepang mengenai ekonomi Indonesia dan lagi ditugaskan menulis tentang Bapak Agoes Moechsin Dasaad dalam World Biographical Encyclopedia yang akan diterbit dari Iwanami Shoten di Jepang dalam bahasa Jepang. Saya minta info: Bapak Dasaad lahir pada tgl.25 Agustus 1905, dan meninggal dunia pada tanggal bulan tahun berapa? Terima kasih sebelumnya.

  7. […] yang saya inginkan. Beberapa blog membahas tentang sesuatu yang saya cari, namun saya memilih blog INI yang memang cukup […]

  8. rully dasaad Says:

    Yuri Sato San, Dasaad died on November 11 th 1970 , Arigato!

    • Yuri Sato Says:

      Terima kasih! Arigato Gozaimasu! Berkat info yang diberikan, Encyclopedia jadi lengkap. Mohon maaf terlambat membalas. Salam dari Tokyo.

  9. rully dasaad, apakah anda pernah dengar nama Sarbini glr pangeran raja delambung?
    yang katanya sepupu dari dasaad musin?

    • Anonymous Says:

      Saya pernah ketemu Pak Sarbini wkt kecil di rumah kakek Dasaad..betul sekali Sarbini dan Dasaad bersaudara sepupu…ayah saya memanggil Sarbini dengan panggilan “Oom” soal nya….terima kasih..

  10. […] – https://bligungtre.wordpress.com/2009/08/07/dasaad-musin-concern/ […]

  11. wicaxono Says:

    RIP Rully Dasaad.. selamat jalan sahabat.

  12. RIP Rully Dasaad. selamat jalam Om

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: