Menggunakan Mode P.A.S.M pada Kamera Digital

Kop_09
  • page1. Intro-duksion |
  • page2. Memotret dengan Mode P – Program |
  • page3. Memotret dengan Mode S – Shutter Speed Priority |
  • page4. Memotret dengan Mode A – Aperture Priority |
  • page5. Memotret dengan Mode M – Full Manual |
  • .

    .

    Kamera Digital dewasa ini memberikan banyak cara automatisasi (full ataupun sebagian) untuk menentukan setting-setting Shutter Speed, Aperture, ISO Speed, dan Exposure Value. Sharing saya berikut ini hanya bisa digunakan dengan kamera-kamera digital yang memiliki fitur PASM. Semua D-SLR dan kamera compact prosumer memiliki fitur PASM ini. Kalo ndak yakin dengan keberadaan fitur ini pada kamera teman-teman, lihatlah pada mode dial-nya, apakah ada mode P, mode A, mode S, dan mode M nya?? Lihat gambar untuk lebih jelas.

    Lalu apa arti mode-mode ini? Berikut artinya:

    Automatisasi Kamera Digital

    Hmm… kalau sudah ada mode P-Program yang dapat menentukan nilai eksposur, untuk apa ada mode Aperture dan Shutter speed lagi? Kan nilai aperture dan shutter speed ini yang menentukan nilai eksposur???

    Mode Aperture dan Shutter speed Priority ini penting untuk menghasilkan efek-efek tertentu.  Berikut ini saya akan menjelaskan penggunaan masing-masing mode ini. Selama membaca ini, selalu ingat 3setting yang harus kita atur:

     SEtting kamera digital yang HARUS diingat!!

    Lanjut…. berikut penjelasan sekilas dari tiap-tiap mode… kalau mau baca lebih lanjut tentang masing-masing mode, klik di text ‘baca lebih lanjut’ di bawahnya… Sip? ……….. Tancap Mang!!!

    Mode P – PROGRAMMABLE

    Pada mode ini, kita mengatur setting ISO Speed dan Exposure value(eV) – Komputer akan menentukan nilai Aperture dan Shutter speed berdasarkan nilai eV yang kita masukkan.

    Mode program ini adalah sama dengan MODE AUTO bagi pemakai kamera digital yang sudah paham mengenai 3 setting dasar kamera digital. Namun di sisi lain mode ini adalah mode yang baik bagi pemakai kamera digital yang sebelumnya selalu menggunakan mode Auto, untuk mulai belajar setting-setting dasar penggunaan kamera digital. Dalam pengalaman saya sendiri, saya mulai dapat feelakan setting aperture dan shutter speed dengan melihat setting yang dilakukan komputer dengan menggunakan mode P ini; untuk kemudian melangkah lebih jauh ke mode A dan S (yang disebut Av dan Tv pada kamera digital Canon). Untuk membaca lebih jauh tentang Mode P ini, klik di sini.

    Mode S – SHUTTER SPEED PRIORITY

    Pada mode ini, kita mengatur setting ISO Speed, Shutter speed, danExposure value– Komputer dalam kamera akan menentukan nilaiAperture berdasarkan kombinasi nilai eV dan Shutter speed yang kita masukkan.

    Mode S atau Tv ini sangat berguna untuk mengatur efek pergerakan. Apakah teman-teman ingin menangkap ‘gerak’ dari sebuah benda, atau justru ingin melakukan freezing; dengan mengatur lamanya sensor digital terpapar cahaya (shutter speed), kita bisa mendapatkan efek-efek :

    • Dengan mengatur shutter speed yang amat cepat – melakukan freezing
    • Dengan mengatur shutter speed yang amat lambat – merekam efek pergerakan atau dramatisasi fotografis tertentu. Untuk membaca lebih lanjut tentang Mode S ini, klik di sini.
    Mode A – APERTURE PRIORITY

    Pada mode ini, kita mengatur setting ISO Speed, Aperture, danExposure value– Komputer dalam kamera akan menentukan nilaiShutter speed berdasarkan kombinasi nilai eV dan Aperture yang kita masukkan.
    Gunakan mode A ini jika memotret suasana dimana gambar hasilnya memiliki kepentingan dengan lebar-sempitnya area fokus (depth of fieldatau DoF).
    Namun di sisi lain, mode A ini juga adalah mode yang paling aman untuk mode sehari-hari. Kamera saya sendiri selalu berada pada mode A ini, kecuali saya sedang menginginkan efek yang berhubungan dengan pergerakan (Tv) atau sedang memotret macro (full-manual). Mengapa? Karena nilai Aperture mempengaruhi lebar daerah yang fokus (lebar DoF), dan lebar DoF adalah hal yang saya ingin pertahankan selama memotret (misalkan) dokumentasi sebuah acara. Andaikata saya menggunakan mode S, dan kemudian tanpa sadar pencahayaan ruangan berkurang, tentu komputer kamera akan memperlebar bukaan Aperture…. lebar daerah fokus pun berkurang… dan jangan-jangan saat memotret rombongan besar, baris paling depan tidak masuk ke dalam area fokus… kan bisa gaswat tuh!!! Untuk membaca lebih jauh mengenai Mode A ini, klik di sini.
    Mode M – FULL MANUAL
    Pada mode ini, kita mengatur SEMUA SETTING yang ada: Aperture,Shutter speed, ISO Speed. Dan tak ada yang namanya parameterExposure value (eV) pada mode ini. Well, parameternya tetap ada, tapi tidak bisa kita atur. Parameter ini akan dikalkulasi komputer setelah kita memasukkan nilai Aperture dan Shutter speedberdasarkan pencahayaan yang dibaca oleh komputer. Pada mode M ini, parameter eV berguna sebagai referensi cepat akan jumlah cahaya yang jatuh ke sensor jika memotret menggunakan setting yang kita atur. Untuk membaca lebih jauh mengenai Mode M ini, klik di sini.
  • page1. Intro-duksion |
  • page2. Memotret dengan Mode P – Program |
  • page3. Memotret dengan Mode S – Shutter Speed Priority |
  • page4. Memotret dengan Mode A – Aperture Priority |
  • page5. Memotret dengan Mode M – Full Manual |
  • All text and images © Putra Munchana 2009

    Creative Commons License
    All Images & Words @ bligungtre.wordpress.com byPutra Munchana Anak Agung is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-No Derivative Works 3.0 Unported License.

    2 Responses to “Menggunakan Mode P.A.S.M pada Kamera Digital”

    1. bligung, aku main lagi kesini…just to tell you about my new wordpress blog hehe…udah aku jadiin link/blogroll ya blogmu ini…c u round…ciao🙂

      • bligungtre Says:

        hehehe.. aku juga udah sempet maen ke sana Mbak. Wuiii.. serius euy tulisan2nya. Tapi gaya bertutur khas Mbak Mila jadi kebawa santai dan menarik… hehehe aku jadiin blogroll juga ya Mbak…
        Sip!

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: